-
Ikhtisar e- Commerce
|
-
Prospek e- Commerce di Indonesia
|
-
Faktor dari e- Commerce
|
-
Harga dan Seleksi
|
-
Daftar e- Commerce
|
Ikhtisar
e- Commerce
e- Commerce atau biasa disebut perdagangan
elektronik adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemsaran barang dan jasa
melalui system elektronik seperti internet. E- commerce merupakan konsep baru
yang bias digambarkan sebagai proses jual beli barang atau jasa pada World Wide Web atau proses jual beli
atau pertukaran produk atau jasa dan informasi melalui jaringan internet
prospek
toko online di Indonesia
Saat
ini, internet telah menjadi salah satu media pemasaran dan penjualan yang
murah, cepat dan memiliki jangkauan yang luas hingga menembus batas - batas
negara. Seiring bermunculannya berbagai online shop yang menawarkan produk
melalui website yang dirancang untuk dapat melakukan transaksi secara online,
dan lahirlah istilah E-commerce.
bagaimana dengan
prospek E-commerce di Indonesia ? Saya berpendapat bahwa E-commerce di
Indonesia masih memiliki potensi untuk berkembang pesat.
Hal ini didukung oleh
beberapa faktor, yakni :
a. Akses
internet semakin murah dan cepat, yang akan meningkatkan jumlah pengguna
internet
b. Dukungan
dari sektor perbankan yang menyediakan fasilitas internet banking maupun sms
banking, yang akan mempercepat proses transaksi
c. Biaya
web hosting yang semakin murah
d. Semakin
mudah dan murahnya membangun situs E-commerce yang didukung dengan tersedianya
berbagai software open source, seperti osCommerce, Magento, dll
Selain hal - hal yang disebutkan di
atas, perkembangan E-commerce di Indonesia tentu harus didukung juga oleh
adanya peraturan yang dapat melindungi konsumen dari kerugian yang disebabkan
penipuan, credit card fraud, dan berbagai potensi kerugian lainnya. Dengan
demikian konsumen dapat berbelanja online secara aman dan nyaman.
Faktor
dari E- commerce
a. Menyediakan
harga kompetitif
b. Menyediakan
jasa pembelian yang tanggap, cepat, dan ramah.
c. Menyediakan
informasi barang dan jasa yang lengkap dan jelas.
d. Memberikan
perhatian khusus seperti usulan pembelian.
e. Menyediakan
rasa komunitas untuk berdiskusi, masukan dari pelanggan, dan lain-lain.
f.
Mempermudah kegiatan perdagangan
Harga dan seleksi
Satu keuntungan dari belanja
online adalah mampu dengan cepat mencari penawaran untuk item atau layanan
dengan berbagai vendor (meskipun beberapa pencarian lokal mesin memang ada
untuk membantu konsumen menemukan produk untuk dijual di toko-toko terdekat).
Search engine, online jasa perbandingan harga dan belanja penemuan mesin dapat
digunakan untuk mencari penjual produk atau jasa tertentu.
Biaya pengiriman (jika berlaku)
mengurangi keuntungan harga barang dagangan online, meskipun tergantung pada
yurisdiksi.
Pengiriman sejumlah kecil item,
terutama dari negara lain, jauh lebih mahal daripada membuat pengiriman lebih
besar bata-dan-mortir pengecer pesanan. Beberapa pengecer (terutama mereka yang
menjual kecil, bernilai tinggi barang seperti elektronik) menawarkan pengiriman
gratis pada pesanan cukup besar.
Harus mudah, aman, dan murah
Yang jelas pertimbangan utama
dalam memilih model pembayaran online adalah kemudahan, keamanan, dan murah.
Inti
dari e-commerce ada pada pengiriman dan pembayaran. Untuk transaksi pembelian
barang di Indonesia.
Daftar
e- Commerce di luar negeri
NO
|
Nama
Situs
|
Nilai
dari Bisnis
|
Nilai
dari Customer
|
Keterangan
|
1
|
Ebay.com
|
-
Eksekusi
Efisiensi
-
Adanya
Customer Relationship
|
-
Harga
yang bagus
-
Item
barang : Tidak umum
|
Menjual barang melalui
pelelangan
|
2
|
WJS.com
|
-
Tambahan sumber informasi melalui berlangganan
|
-
Update berita dan banyak mengirimkan
berita
-
customer terlalu sibuk membaca surat
kabarnya
|
e- Commerce berkenaan
dengan Informasi bisnis
|
3
|
MySimon.com
|
-
Customer Servise dan Relationship
|
-
Akses informasi yang relevan untuk
customer
-
Menyediakan harga yang variatif
|
Penjualan macam- macam
barang
|
4
|
Brick
and Mortar
Nama
Website :
-
Covisint.com
-
MySAP.com
|
Supllier’s
Web
-
Bidang
Promosi
|
||
-
Ec.ups.com
|
-
Order
Processing+ Logistic
|
|||
-
Cisco.com
|
-
Layanan
Purna Jual
|
Daftar e- Commerce di Indonesia
NO
|
Nama
Situs
|
Nilai
dari Bisnis
|
Nilai
dari Customer
|
Keterangan
|
1
|
Berniaga.com
|
Adanya
customer relationship
|
Mudah, murah karena
konsumen atau penjual dapat memasang iklan barang yang di jual di
berniaga.com
|
Menyediakan jual beli
barang dan jasa
|
2
|
Tokobagus.com
|
-
Adanya customer relationship
-
Adanya daya tarik dari tokobagus.com
dengan diadakannya ‘kontes gudang rejeki tokobagus’
|
-
Tokobagus.com merupakan search engine friendly
-
Mudah, murah karena konsumen atau
penjual dapat memasang iklan barang yang di jual di tokobagus.com
|
-
Menyediakan jual beli barang dan jasa
-
Menyediakan informasi tentang bisnis.
|
3
|
Bhinneka.com
|
-
Adanya customer relationship
-
Sebagai supplier’s web store
|
Item barang : umum ,
Seperti : laptop, handphone, kamera digital. Dll.
|
Penjualan tentang barang
elektronik
|