Pages

 

Artikel Online Store (E-Commerce)

0 komentar




-      Ikhtisar e- Commerce
-      Prospek e- Commerce di Indonesia
-      Faktor dari e- Commerce
-      Harga dan Seleksi
-      Daftar e- Commerce









Ikhtisar e- Commerce
e- Commerce atau biasa disebut perdagangan elektronik adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemsaran barang dan jasa melalui system elektronik seperti internet. E- commerce merupakan konsep baru yang bias digambarkan sebagai proses jual beli barang atau jasa pada World Wide Web atau proses jual beli atau pertukaran produk atau jasa dan informasi melalui jaringan internet

prospek toko online di Indonesia
Saat ini, internet telah menjadi salah satu media pemasaran dan penjualan yang murah, cepat dan memiliki jangkauan yang luas hingga menembus batas - batas negara. Seiring bermunculannya berbagai online shop yang menawarkan produk melalui website yang dirancang untuk dapat melakukan transaksi secara online, dan lahirlah istilah E-commerce.
bagaimana dengan prospek E-commerce di Indonesia ? Saya berpendapat bahwa E-commerce di Indonesia masih memiliki potensi untuk berkembang pesat.

Hal ini didukung oleh beberapa faktor, yakni :
a.       Akses internet semakin murah dan cepat, yang akan meningkatkan jumlah pengguna internet
b.       Dukungan dari sektor perbankan yang menyediakan fasilitas internet banking maupun sms banking, yang akan mempercepat proses transaksi
c.       Biaya web hosting yang semakin murah
d.       Semakin mudah dan murahnya membangun situs E-commerce yang didukung dengan tersedianya berbagai software open source, seperti osCommerce, Magento, dll
Selain hal - hal yang disebutkan di atas, perkembangan E-commerce di Indonesia tentu harus didukung juga oleh adanya peraturan yang dapat melindungi konsumen dari kerugian yang disebabkan penipuan, credit card fraud, dan berbagai potensi kerugian lainnya. Dengan demikian konsumen dapat berbelanja online secara aman dan nyaman.

Faktor dari E- commerce
a.       Menyediakan harga kompetitif
b.       Menyediakan jasa pembelian yang tanggap, cepat, dan ramah.
c.       Menyediakan informasi barang dan jasa yang lengkap dan jelas.
d.       Memberikan perhatian khusus seperti usulan pembelian.
e.       Menyediakan rasa komunitas untuk berdiskusi, masukan dari pelanggan, dan lain-lain.
f.        Mempermudah kegiatan perdagangan
Harga dan seleksi
Satu keuntungan dari belanja online adalah mampu dengan cepat mencari penawaran untuk item atau layanan dengan berbagai vendor (meskipun beberapa pencarian lokal mesin memang ada untuk membantu konsumen menemukan produk untuk dijual di toko-toko terdekat). Search engine, online jasa perbandingan harga dan belanja penemuan mesin dapat digunakan untuk mencari penjual produk atau jasa tertentu.
Biaya pengiriman (jika berlaku) mengurangi keuntungan harga barang dagangan online, meskipun tergantung pada yurisdiksi.
Pengiriman sejumlah kecil item, terutama dari negara lain, jauh lebih mahal daripada membuat pengiriman lebih besar bata-dan-mortir pengecer pesanan. Beberapa pengecer (terutama mereka yang menjual kecil, bernilai tinggi barang seperti elektronik) menawarkan pengiriman gratis pada pesanan cukup besar.

Harus mudah, aman, dan murah
Yang jelas pertimbangan utama dalam memilih model pembayaran online adalah kemudahan, keamanan, dan murah.
Inti dari e-commerce ada pada pengiriman dan pembayaran. Untuk transaksi pembelian barang di Indonesia.
Daftar e- Commerce di luar negeri
NO
Nama Situs
Nilai dari Bisnis
Nilai dari Customer
Keterangan
1
Ebay.com
-         Eksekusi Efisiensi
-         Adanya Customer Relationship
-         Harga yang bagus
-         Item barang : Tidak umum
Menjual barang melalui pelelangan
2
WJS.com
-         Tambahan sumber informasi melalui berlangganan
-         Update berita dan banyak mengirimkan berita
-         customer terlalu sibuk membaca surat kabarnya
e- Commerce berkenaan dengan Informasi bisnis

3
MySimon.com
-         Customer Servise dan Relationship
-         Akses informasi yang relevan untuk customer
-         Menyediakan harga yang variatif
Penjualan macam- macam barang
4
Brick and Mortar
Nama Website :
-         Covisint.com
-         MySAP.com
Supllier’s Web

-         Bidang Promosi
-         Ec.ups.com
-         Order Processing+ Logistic
-         Cisco.com
-         Layanan Purna Jual

Daftar e- Commerce di Indonesia

NO
Nama Situs
Nilai dari Bisnis
Nilai dari Customer
Keterangan
1
Berniaga.com
Adanya customer relationship

Mudah, murah karena konsumen atau penjual dapat memasang iklan barang yang di jual di berniaga.com

Menyediakan jual beli barang dan jasa
2
Tokobagus.com
-         Adanya customer relationship
-         Adanya daya tarik dari tokobagus.com dengan diadakannya ‘kontes gudang rejeki tokobagus’
-         Tokobagus.com merupakan search engine friendly
-         Mudah, murah karena konsumen atau penjual dapat memasang iklan barang yang di jual di tokobagus.com
-         Menyediakan jual beli barang dan jasa
-         Menyediakan informasi tentang bisnis.
3
Bhinneka.com
-         Adanya customer relationship
-         Sebagai supplier’s web store
Item barang : umum ,
Seperti : laptop, handphone, kamera digital. Dll.
Penjualan tentang barang elektronik

Leave a Reply

Your's Comment :

Diberdayakan oleh Blogger.