Pages

 

Membuat Mail Server menggunakan Google Apps

0 komentar

Konfigurasi Mail Server menggunakan google Apps!
Nama Domain :
Nama Hosting :
-          Nama domain adalah nama unik yang digunakan untuk mengidentifikasi server komputer di jaringan komputer yang tergabung dalam internet.
-          Nama hosting adalah jasa layanan internet yang menyediakan sumber daya server-server untuk disewakan sehingga memungkinkan organisasi atau individu menempatkan informasi di internet berupa HTTP, FTP, EMAIL atau DNS.

Setelah memiliki domain , maka selanjutnya adalah melakukan registrasi di google apps :
1.         Langkah pertama, buka link berikut ini untuk membuat email acountnya : https://www.google.com/a/cpanel/domain/new.
Untuk mendaftar google apps, masukkan nama domain organisasi anda

2.         Isi form pendaftaran untuk informasi pendaftaran domain perusahaan


3.         Lakukan form pendaftaran sampai selesai (succesfull)
4.         Langkah selanjutnya adalah melakukan setting MX Record sesuai data yang diberikan oleh google.
Sebuah Mail Exchange (MX) record mengidentifikasi sebuah server yang menangani pesan email untuk domain perusahaan/ organisasi. Untuk mengirim email ke inbox Gmail, mengkonfigurasi domain dari perusahaan/ organisasi untuk pesan rute masuk ke server email Google. Untuk melakukan itu, menambahkan MX record yang menunjuk ke server Google ditunjukkan dalam tabel di bawah ini.
Priority
Mail Server
1
ASPMX.L.GOOGLE.COM
5
ALT1.ASPMX.L.GOOGLE.COM
5
ALT2.ASPMX.L.GOOGLE.COM
10
ASPMX2.GOOGLEMAIL.COM
10
ASPMX3.GOOGLEMAIL.COM
Catatan: Nilai-nilai dalam kolom Prioritas menunjukkan prioritas relatif dari server Google. Nilai tidak perlu persis yang ditampilkan dalam tabel; penyedia domain yang berbeda memiliki sistem yang berbeda untuk pengaturan prioritas MX record. Terlepas dari sistem, ASPMX.L.GOOGLE.COM harus menjadi catatan prioritas utama.
5.         Lalu setelah perubahan di Cpanel dilakukan silahkan klik “I have complate these step”  Silahkan tunggu google akan melakukan pengecekan terhadap setting MX domain perusahaan, untuk proses dapat di lihat di Dashboard Google Apps.

Sumber :google

Leave a Reply

Your's Comment :

Diberdayakan oleh Blogger.